Modifikasi Yamaha Scorpio


Di era sekarang ini, tentunya kita (cowo muda) yang fresh dan penuh energik, yang hobi akan menunggangi kuda besi alias “motor”, baik itu motor bebek, sport, atau skuter sekalipun, masih menjadi andalan sehari – hari dalam pilihan pendamping hidup beraktifitas.


Selain enak dipakai itu motor, tentunya kita juga tidak kalah pentingnya untuk memikirkan tampilan dan kenyamanan motor. Betul?
Nah, pada tulisan ini saya akan memberi gambaran tentang bagaimana kita akan memodif motor. Langkah-langkahnya sebagai berikut :

1.Tentukan motor yang akan kita modif.(jenis motor bebek, skuter, atau sport) disini penulis akan memilih –jenis motor sport Yamaha Scorpio.
2.Tempat / distro spare part yang lengkap.
3.Pastikan kita memiliki budget “Uang” untuk biaya pengerjaannya.
4.Relasi dan orang-orang yang akan mendukung dalam pengerjaan.
5.Pastikan mendapat restu dari orang tua “jika motor itu dibeliin sama ortu”.
6.Pastikan untuk mempunyai dana cadangan. Agar nanti jika defisit anggaran, kita sudah menyediakan –dananya.
7.Menyiapkan kendaraan lain (untuk pemakaian) guna mempercepat dalam pengerjaan modif. (Nganter –barang sana-sini).
8.Tempat bengkel, bubut, tukang jok, dan tukang cet, bila perlu tukang tambal ban.
9.Jangan pernah untuk terburu-buru ingin cepat selesai.
10.Selamat mencoba.
OK. Setelah kita memikirkan baik-baik dan mempersiapkan segala sesuatunya, kita ikhlaskan motor kita untuk dioprek / dibedah oleh sang Tuner Gila modift.
Next..

Langkah Awal.
Gambar dan desain terlebih dahulu motor yang kita inginkan nantinya. Hal ini sangat penting sekali, karena seorang “Tuner Gila” akan melihat patokan


bedasarkan gambar yang kita buat, dan itu harus rinci. Mulai dari rangka, sasis, shockbraker, tangki, knalpot, velg, dan jok. Itu semua didesain sedemikian hingga membentuk sebuah gambar / tampilan motor yang didambakan oleh kita.

Langkah yang kedua.
Shooping spare part yang akan dipakai pada tunggangan kita. Yang saya beli antara lain (limbah moge): Shock HONDA R1000, velg belakang Honda, velg depan merk Suzuki GSX, dan Satu set rem depan (master rem keluaran nissin, kanvas, dan piringan). Selain limbah moge, saya membeli cover buritan Kawasaki Ninja KRR (kiri-kanan) dan spakbor depan model moge dengan bahan viber.

Langkah yang ketiga.
Buka semua komponen motor, mulai dari body, knalpot, lampu depan dan belakang, hingga jok belakang. Semua komponen yang dibuka / dicopot, ini berdasarkan gambar yang kita buat tadi, jika ingin merubah semua tampilan, saya sarankan agar semua komponen motor dilepas semua, kecuali mesin dan rangka.

Langkah yang keempat.
Sebelum kita memikirkan dan membayangkan body yang mantap dan keren, yang tidak kalah penting yaitu masalah kaki – kaki pada motor, mulai dari shock depan, roda, dan shock belakang. Jika masalah kaki-kaki sudah selesai, barulah kita melanjutkan ke masalah tampilan. Setuju!!
Next..
Perhitungan ukuran / space komponen dan jarak spare part yang kita beli tadi pada saat dipasang, agar nanti dalam pemasangannya biar “pass”. JIka semua sudah diukur menggunakan sigmat, (harus matang lho)..

Pengerjaannya antara lain:
1. Shock depan.
Karena shok depan yang kita pakai besar ukurannya, (diameter lubang shok), maka kita harus memperhatikan segitiga stang dalam pemasngan shock agar pas.
Bila perlu, kta bubut agar pas dan terpasang rapih.

2. Rangka.
Desain rangka adalah yang terpenting dalam modift motor, karena jika salah kita mendesain rangka, perubahan lain yang kita lakukan akan sis-sia.
Maka dari itu kita harus cermat. Yang harus diperhatikan:

(1)Ukur tangki bensin yang nanti akan dipakai,

(2)Posisi duduk si pengendara,

(3)Penahanan berat beban motor,

(4)Getaran yang akan dihasilkan pada saat engine on dengan rpm tinggi,

(5)Jarak roda depan dengan mesin,

(6)Jarak roda belakang dengan sasis,

(7)Jenis shock belakng yang dipakai, saat ini saya ambil contoh, monoschock bawaan dari pabrikan.

Nanti dalam pemasangan body Kawasaki Ninja kRR, memerlukan penambahan rangka belakang (-+) 30-40cm (sesuai keinginan kita).

Rangka Motor:

Rangka Motor:

Rangka Motor:

3. Velg.
Komponen ini tidak akan mengalami perubahan yang signifikan, justru komponen lainlah yang akan berubah mengikuti ukuran velg, contohnya: dudukan master rem sepan dan belakang, gear belakang, dan sasis. Jadi velg hanya kita amplas, dan di cat ulang saja (Sesuaikan warna dengan body motor).

4. Tangki bensin.
Desain dan tentukan warna yang pas yang akan kita pakai nanti. Selain itu juga tentukan dudukan tutup bensin yang berada di atas, agar menarik, geser ke belakang jaraknya.

5. Sasis.
Jika kita akan menggunakan velg dan ban yang besar ukuran roda moge, maka kita perlu melakukan pemotongan dan penambahan sasis. jarak yang akan kita tambah yaitu 5 – 15 cm, karena velg dan ban yang akan kita pasang cukup besar.

6. Jok.
Desain dan buat piranti untuk dasar jok dari bahan besi kira-kira seukuran buku tulis yang kecil. Untukk jok belakangnya, dipotong beberapa cm saja. Kita tinggal bawa dasar jok tadi ke spesialis jok, tambahkan busa dan pilih jenis kulit jok yang akan kita pakai. Pastikan kerapihannya.

7. Cat.
Tentukan cat dan tinner yang berkualitas, pastikan waktu pengecatan pada siang hari agar cat yang kita semprotkan cepat kering. Gunakan kompreshor agar pengecatan lebih rapi dan bagus. Pada pengecatan bagian velg, lakukan pengecatan 2x agar velg tersebut warnanya tidak pudar.

8. Pemasangan.
Teliti dalam pemasangan, perhatikan seni tampilan. Pasang aksesoris pendukung lainnya seperti lampu depan dan belakang, spakbor belakang.

9. Finishing Touch komponen.
Pastikan komponen motor yang telah kita beli tadi, telah terpasang dan berfungsi. Pastikan baud dan mur terpasang kencang. Periksa kabel rem, oli rem, dan pastikan cat motor telah kering.


Langkah terakhir.

For Mejeng..
Tester

Coba kendarai motor terebut. Jika telah nyaman dan komponen motor kita berfungsi dengan baik, selesai lah sudah kita memodift motor. Jangan lupa jika menyimpan motor untuk menutup dengan kain penutup, agar tidak disikat MALING.

Selamat Mencoba.. (“,)

Like This!

57 Responses to “Modifikasi Yamaha Scorpio”


  1. 1 yudo June 29, 2008 at 6:15 am

    bagus tuch bro modifan nya gw juga punya yamaha scorpio dan gw pengen bgt ganti body belakangnya kayak yg di gambar(punya KRR) tapi gw bingung dan kalo bisa nich bantuin gw mesti kemana gw jalan biar bisa kayak gitu, lebih baik lagi ada yg mau ngasih tahu gw kalo gw mau ngerubah sendiri body belakangnya, thanks sebelumnya, e_mail gw yudhoprodigy@yahoo.com

  2. 2 de2x June 30, 2008 at 9:12 am

    Klo mau tinggal pasang doang (beli jadi/ langsung pasang agak ribet), susah nge-pas’in bentuk dalemnya boz, enaknya juga mesti edit rangka dikit, biar cocok n pass, alnya tmen gw di club SAB (Scorpio Adventure Bandung) ada yang nekat nyobain, tapinya miring (g enak diliat). Alamat lo dmn bro Yudo?

  3. 3 oellie July 19, 2008 at 6:09 am

    Wah keren jg..ngmg2 ninja KRR itu yg ninja RR itu bukan?gw jg pakai scorpio, pgn ngrubah jd kyk supermoto, soalnya klo di pikir2 scorpio kan basicnya motocross..ngmg2 bagi info donk dmna dapetin body KTM full, klo di pasang di scorpio kira2 ubahannya apa aja ya?

    Thx.. Bravo Scorpio ( Oellie : Balikpapan )

  4. 4 de2x July 20, 2008 at 6:07 am

    Body KTM Full? MNGTABB kyknya tuh punya modal bro..

    Untuk Full Supermoto, gampang aja bro!:
    1.Duit megang
    2.Beli barang limbah moge, Depok, Tangerang, Jakarta, Bandung ada, yg sekalian modift di tempatne
    3.Yang pasi menurut ogut seh yg mesti diubah: Rangka, Shock depan, Arm (lengan ayun), Velg, body and tangki, klo 1/2 2 tanggung! gbakalan abis 10 jeti.
    4.Skrg oe gi sibuk kerja dulu bos, klo ane punya waktu luang, mungkin ntar ane kasi unjuk langsung tempatnya.

    Mangnya punya budget brp? bro, klo brg banyak dan mudah dicari jelas di JKT..
    Mulai dari limbah maupun import langsung KTM Full dari lur negeri.

    klo mnurut ane seh, zamane susah cari duit, mending beli limbah moge aja, sikon 60 -70 % layak pakai, paling kita rekondisi aja, cuma semprot cat aja..

    Jatayu, kebayoran, Depok! banyak tuh yang jual KTM full body, tapi inget, cari limbah aja.. He3x…

    Regards..

  5. 5 romy January 3, 2009 at 1:37 am

    wew, Qren bgd pmbhasannya..

    btw, sy ad bbrp prtanyaan, mtor sy Thunder, sy pngen psang stng jepit di mtor sy itu, Qr2 hrgny brpa yh yg 1 set..

    trus klo ganti pke stang itu apa smuanya hrs di ganti?
    mxd sy sperti velg, tromol dll..

    Qr2 budget yg dibtuhin brp jk hargany bs dtekan seminim mungQn..
    skedar info, sy tgl di depok..

    klo bs di bals ke email sy, thx b4..

    mhon bantuanny..

  6. 6 syam January 26, 2009 at 10:16 pm

    bos boleh dong alamatnya bengkel yang modif motor pio digambar pake bodi KRR? ama dana yang harus dikeluarkan, jadi bisa ngumpulin dulu. alamat saya di depok samping brimob. syam_maggot99@yahoo.com

  7. 7 de2x January 27, 2009 at 12:35 am

    cek email brow..

    Sekarang tempatnya di:
    Bisa ke Jl.WR Supratman (Gang Kramat) No. 34 Rengas – Bintaro

  8. 8 Dito February 16, 2009 at 5:43 am

    Motor sy Gl 100. Sy lagi ngerjain modif motor saya. bagian depan dan tehgah udah jadi, namun bagian bodi belakang yg menjadi persoalan. Soalnya jok motor saya datar dan ingin dimiringkan. apkah sy harus merubah dudukan sasis spy miring atw diakalin saja. satu lagi, bodi belkng yg cocok untk mtr sy ap y?

  9. 9 de2x February 17, 2009 at 10:52 pm

    Klo menurut saya, bodi belakang mootornya disesuaikan dengan tangki motor. Konsepnya apa dulu motor kita sebelum merubah posisi jok dan body belakang.
    Apakah mau simple atau custome.
    Nah klo mau simple, tinggal beli aja body motor Tiger, Ninja R, Ninja KRR, Scorpio, Mega Pro, atau pun Suzuki FU, tergantung selera kita, untuk rangkanya klo mau dimiringin posisi joknya, ya mestii nge set rangka biar pas dudukan jok dan body belakang.
    Yang pasti klo untuk pemasangan body, harus disesuaikan dengan rangka dan jok motor.

    Nah klo mau Custome, nggak pake body belakang juga bisa, gedein aja rangka belakangnya, biar keliatan garang (shock, velg dan ban belakang digedein ukurannya).
    Klo mau pake body, posisi jok dan rangka akan mengikuti desain custome body belakangnya biar sinkron.

    Semoga membantu.

  10. 10 made April 7, 2009 at 1:44 am

    boss,
    gw pgn modif mtr shogun 110R thn 99, konsep gw sport minimalis. klo footstep gw ganti ma punya tiger lama cocok kaga y..
    yg pgn ksh masukan langsung aja kirim ke email gw. thx

  11. 11 Dito April 21, 2009 at 7:03 am

    wah berarti saya harus ubah rangka dulu ya bro.
    si bos body blakang scorpionya pake punya syapa?
    mantab juga tuh kyaknya..
    apa cocok klo body motor lain di adopsi ke GL 100?
    kencenginnya pke apa?
    trims buat pembahasan dan jawabannya bro..

  12. 12 de2x April 21, 2009 at 10:55 pm

    @Dito,
    Yups, rubah rangka dulu paling nggak, biar dudukan body belakangnya cocok, disesuain aja bro sama body belakang apa yang mau dipake. Nyocokinnya pas ngelas / ngerubah rangka, body’nya udah mesti ada biar di pas-pasin biar sreg.

    Saya pakenya body silver ninja KRR bro.

    Klo mau adopsi ke GL 100, ya mau nggak mau potong-potong rangka belakang, biar keliatan nungging.
    Body apa pun bisa dipasang koq bro, yang penting konsep rangkanya pas.

    (“,)

  13. 13 de2x April 22, 2009 at 12:28 am

    @Made,
    Gw juga dulu pernah punya Shogun 110R, sama konsepnya minimalis.
    -Shock depan standard,
    -Batok kepala pake underboand (dipapas biar ceper), pake lampu mobil yg gepeng (lampu depan)
    -velg depan belakang, pake venom orange (velg rossi), pake ban gede.
    -bodynya di cat silver metalik,
    -knalpot custome,
    -Footstep’nya pake tiger (barang lokal) + jupiter

    Cocok koq, klo pake nyang teger, tapi pas djual, sama saya dibalikin lagi pake bawaannya.. ckkckc
    Cuman nggak sempet di capture tu motor, keburu kejual.. (“,)

  14. 16 made April 22, 2009 at 2:34 am

    mksh boss,
    skarang dpt masalah baru nich, bak kopling dah dibikin manual tp malah bikin olie mesin jd bocor, tau tmpt yg bagus ga buat benerin tu bak kopling..

    • 17 de2x May 7, 2009 at 1:48 am

      Sob.. klo ogut mah percaya’ne sama Dealer resminya aja.. ^_^
      Dijamin, mekaniknya terpercaya (peralatan komplit), kasi aja duid lebih, dijamin dia bakalan ngerjainnya rapih.. (“,)

  15. 18 dito April 24, 2009 at 11:22 am

    klo potong rangka lalu disambung pipa besi biar agak panjang rangka bawahnya ( jadi nungging ), apa tidak berpengaruh kepada shock belakang?
    kalau sudah dipotong dan dipanjangkan sebaiknya ganti shock ( bukan monoshock) yang lebih panjang atau tetap pakai shock yang lama tapi diberi anting bro?
    supaya sampai..
    thanks..

    • 19 de2x May 7, 2009 at 2:00 am

      @Bro dito
      Klo menurut saya bro, yang ngaruh ntu nantinya malah shock depan. alnya ko dah nungging, shock depan nahan beban motor bagian belakang (apalagi klo pake ban belakang yang sizenya gede), si pengendara + boncengers..
      Yang bikin nungging itu adalah modifikasi rangka sambungan kita ntu.
      Untuk shock belakang nggak usah ditambahkan, mending default bawaannya aja. Reccomendednya pake Monoshock (biar enak dan pas ngatur tingginya).. ^_^

      PIC yang diatas, ada model Honda CB (warna biru) yang sudah di set rangkanya. Kurang ca’em klo nggak monoshock.

  16. 20 andy May 14, 2009 at 12:51 am

    bro, klo mu modif body scorpio jd body y2k kira2 bisa ga ya..? ^^
    and then klo di bandung alamat nya di mana..? thank’s before…

  17. 21 ekoooo September 24, 2009 at 11:31 pm

    bossss mo nanya body kit ninja RR second berapa

  18. 22 apoel September 26, 2009 at 6:59 am

    blh tuh bodi blkg rr brp

  19. 23 de2x September 27, 2009 at 10:07 pm

    Body belakang ninja baru satu set -/+ 500K, 2nd ‘nya saya nggak tau.

  20. 24 aam October 1, 2009 at 1:52 am

    modifnya bagu ,tuh velg belakang ukuran brapa?

  21. 25 Pras November 2, 2009 at 5:07 pm

    Wah manteb bro modifnya, secara estetika pas bgt (ga maksa) pake body Ninin RR, btw abis brp modif kaya gitu? Tolong infokan estimasi total biayanya jika pake bodi belakang dan jika memungkinkan fullset (incl. fairing) + lama pengerjaannya + bengkel modifnya, pls japri ya bro detailnya ke nugroho_prasetyo28@yahoo.com

  22. 27 ega February 24, 2010 at 11:21 pm

    wahh kern tu modif,kenceng gk tuh?

    • 28 de2x April 21, 2010 at 4:02 am

      Hmm, klo urusan kenceng atau nggak nya, ya tinggal disesuaikan aja om.
      1. Mesin standard pun, dirasa pio tuh dah kerasa kencengnya (palagi pio pabrikan yang awal)..
      2. Klo saya si ganti pilot jet n main jet aja.. hihihi (biar motor tetep awet).
      Klo mbonceng, emang beban nambah berat, tapi klo sendiri (adem ayem, wlw beban roda belakang nambah) ^_^
      3. Klo buat kebut2an.. pasangin blok mesin & karbu cadangan.

  23. 29 Malique April 21, 2010 at 1:32 am

    no telpn bengkelnya brapa de..1 hari kelar ga? gw di cibinong

    • 30 de2x April 21, 2010 at 3:56 am

      No telp’nya ilang bos.. hp da yang maling! ke TKP aja cek.. “Jl.WR Supratman (Gang Kramat) No. 34 Rengas – Bintaro” ketemu bang Ucok..

  24. 31 civilmade April 29, 2010 at 12:15 am

    mantap bro modifnya

  25. 32 rofi June 17, 2010 at 8:56 am

    minta perkiraan biaya modif (bahan plus ongkos) dong.. yang mirip kayak punya mas.. (asumsi ngerjainnya d bengkel yang mas rekomendasikan di atas)

  26. 34 rofi June 17, 2010 at 8:57 am

    misalkan velg dan ban pake bawaan ninja rr

  27. 35 rofi June 25, 2010 at 12:53 am

    mas, itu tangki pake apa yah? kok kayaknya bukan tangki motor yg beredar di indonesia.. mirip tiger, tapi bukan. bandit bukan, krr juga ga mirip..

    • 36 de2x June 25, 2010 at 1:20 am

      Itu sbenernya pake tangki punya tiger, cuman dimodifikasi.
      Tutup tangki yang tadinya di depan, dimundurin posisinya.
      Trus dikasi coak / strip sesuai dengan posisi paha/dengkul nempel di tangki pada saat berkendara. Itu aja..

  28. 37 grusak July 3, 2010 at 9:07 pm

    MANTABS tuh pio nya?!
    ane baru beli pio’05 masih standar cuma pelk ajah dikit bengkak..
    kira2 ada ide di gimanain biar beda dari pio lain?!
    thx om..
    [klo ada konsep sama pic nya]

  29. 38 adi July 18, 2010 at 7:00 am

    ane bisa minta tolong beliin tuh body ninja nya, soal nya di aceh susah nyarinya, klo bisa gw transfer langsung duit ama ongkir nya dech…

  30. 39 adi July 18, 2010 at 7:05 am

    ane suka banget ama modifikasi nya mas, tapi ane punya kendala di body ninja nya, soal nya di aceh susah nyari nya, ane pingin titip beli ama mas, ane minta tolong banget untuk bantu beliin, ane bayar lebih deh….

  31. 40 de2x July 18, 2010 at 7:08 am

    saya coba liat stoknya dulu ya di dealernya.. tapi belum pasti lho, klo emang ada, nanti saya kabarin u/ lebih lanjut.

  32. 41 adi July 18, 2010 at 7:09 am

    makasih sebelum nya mas de2X… ane berharap banget..

  33. 42 adi July 20, 2010 at 3:39 am

    mas, harga body ninja satu set ama lampu rem nya sekarang ni apa sampe 2 juta?

  34. 43 de2x July 20, 2010 at 6:36 am

    Maaf mas adi saya belum ngecek harga bodi ninin’nya, lagi di luar kota.
    Setau saya, body ninja-nya aja kiri-kanan +/- 500K (harga gmn dealer), kalau lampu remnya udah lupa. Semoga membantu. Terima kasih

  35. 44 adi July 20, 2010 at 7:09 am

    ok, makasih mas de2x.

  36. 45 fadli August 8, 2010 at 8:36 pm

    mas mw tanya, kalo las rangka yang kuat pake las karbit ato las listrik yah? karena ngeri aja kalo gak kuat lasannya

  37. 46 de2x August 8, 2010 at 9:06 pm

    Las listrik lebih kuat mas. Tapi biasanya, klo saya liat sih pake dua-duanya. Yang penting rapih dan nyambungnya bener, tiap2 besi yang mau disambungnya. Tukang las juga pasti tau bagian mana yang pake las listrik dan las karbit.

  38. 47 felix December 4, 2010 at 10:04 pm

    mas kalo ad nih kaisar yg roda tiga tpi mo d modif kaya pnya mas gtu nah itu abis brapa y? trus buat bikin jd 2 roda beli rangka yg buat 2 roda d mana y?
    trus veld gede begitu brapa y harganya?
    bis itu tmpat modif langsung d mna y yg dket ama daerah cibubur?

    • 48 de2x March 8, 2011 at 2:04 am

      Wah klo kaisar dimodif saya blum pernah liat mas.
      Kalau mau beli rangka, sekalian aja beli yang ex Moge rangkanya (di daerah Cempaka Mas) saya kurang hapal nama jalannya. 😀

      Velgnya kisaran harga 3 jutaan.

  39. 49 wawan March 6, 2011 at 6:51 pm

    gw mo nmpang tanya nie om,klo beli buritan ninja KRR(body blkg) tuh dmna ya??d tokko variasi motor atau lgsug dealerx? n brp hargax?thnkz

  40. 50 de2x March 8, 2011 at 2:02 am

    Mas Wawan, klo untuk beli body covernya ke Kawasakinya langsung (beli yang ori), walau pun di tmpat variasi juga banyak yg jual, cuma kualitasnya beda. Dulu body ninja belinya sekitar Rp.500rb kiri kanan.

  41. 51 akiel January 16, 2012 at 8:19 pm

    Bos,
    Mohon bantuan infonya, kalau velk vixion di pasang ke scorpio apakah rumah bearing perlu di bubut atau ganti boss klaher n klahernya saja

    • 52 de2x January 17, 2012 at 7:45 am

      hmmm,
      *Tinggal pilih aja bro, mau yang mana.. binun kan? 😛
      Klo menurut saya sih, mending ganti boss klaher aja. (bearingnya disimpen aja, jadi klo ntar dah aus, tinggal cari spare partnya ke toko, tunjukin bearing tsb. hindari bubut2an 😀

      As nya berarti ganti juga donk

  42. 53 cucune si mbah February 2, 2012 at 3:48 am

    well done….

  43. 54 Kalyano August 10, 2012 at 12:02 pm

    sip mas…..mas de2x salam kenal…. aku punya pio tahun 2005, pengen modif sih, dgn merubah bentuk bodi nanti ada masalah nggak ama urusan polisi, trus aku pengen burit di nunggingin dikit + ganti shock belakang ninja kira2 banyak ngrubah bodi n nyaman ga shock nya ? tank’s infonya…

    • 55 de2x September 30, 2012 at 5:10 am

      Salam kenal juga mas.
      Setiap ada tilang gabungan, nggak pernah ditilang gara2 rubah body.
      Yang penting warna tangki sama dengan STNK, +knalpot bawaan 😀
      Kelengkapan: Lampu depan-blkg idup, spion,sein,tu2p pentil+ plat nomor.

      Klo motor diatas, agak keras dikit shock belakangnya.

      Itu aja.

  44. 56 jono September 30, 2012 at 2:18 am

    hasil akhirnya gimana tu boss… fotonya boosss

  45. 57 Welly Agganda January 15, 2018 at 10:22 am

    Kalo scorpio dipasang body belakang ninja rr New bisa gan?jika standar?


Leave a reply to oellie Cancel reply




Blog Stats

  • 104,281 hits