Antivirus Conficker (Kido/Downup)


Apakah komputer Anda terinfeksi virus Conficker (alias Kido atau Downadup)? Jika ya, apakah Anda telah menggunakan antivirus terkenal, namun Conficker tidak mampu dibersihkan dengan tuntas? Tidak usah sedih apalagi kecewa. Kini majalah PC Media, menghadirkan PCMAV Express for Conficker yang saat ini merupakan *satu-satunya* antivirus khusus Conficker unggulan di dunia yang mampu memberikan solusi tuntas dalam mengatasi virus tersebut. Dan hal ini membuktikan bahwa PCMAV selalu menjadi antivirus kebanggaan Indonesia, sekalipun yang dihadapi adalah virus asing nan-canggih.

CATATAN: Dikarenakan begitu kompleksnya penanganan virus Conficker ini, terutama akibat penerapan teknologi rootkit-nya yang cukup rapih dan “indah”, arsitektur scan engine standar PCMAV 2.0 yang telah ada tidak dirancang dan tidak disiapkan untuk menangani virus jenis baru semacam ini.

Berbeda dengan antivirus lainnya, PCMAV Express for Conficker dirancang secara khusus dan spesial untuk dapat mengenali secara akurat 100% dan membasmi tuntas Conficker hingga ke “akar-akarnya”, sekalipun virus ini memiliki teknik antidebugging, anti-VM, double-layer obfuscated code dan rootkit (siluman) yang termasuk canggih dan kompleks.

Perlu diketahui, walau PCMAV Express ini mampu mengenali secara akurat dan menuntaskan 3 varian dari Conficker (Conficker.A, B, & B-1) hanya 2 varian utama (Conficker.A & B) yang diketahui dan kami yakini telah menyebar sedemikian luasnya ke ratusan ribu PC di tanah air. Jadi tidak benar bahwa pada saat ini virus Conficker yang masuk Indonesia memiliki ratusan hingga ribuan varian. Info sesat ini semata merupakan spekulasi segelintir pihak reseller/penjual/pembuat antivirus amatiran yang sama sekali tidak memiliki kompetensi memadai untuk menganalisa virus ini yang memang cukup kompleks. Walau begitu, tidak tertutup kemungkinan akan adanya varian baru Conficker.

Selain itu, jika ada antivirus lain yang seakan-akan mampu mendeteksi begitu banyaknya varian virus ini (belasan hingga puluhan), maka dapat dipastikan bahwa pembuat antivirus tersebut telah terkecoh oleh teknik obfuscated code yang diterapkan pada virus ini, atau bisa juga akibat ketidakmampuan teknis pembuat antivirus tersebut yang hanya mengerti teknik pendeteksian sederhana/amatir dengan menggunakan hash (CRC, MD5, SHA). Dan secara teknis, antivirus jenis ini akan keok begitu Conficker aktif di memory.

PCMAV Express for Conficker dilengkapi dengan teknologi RootScan terbaru nan-cerdas, yang secara aman mampu menembus hingga ke ring0 (kernel-mode) untuk mendeteksi virus berteknologi rootkit. Inilah kunci utama agar antivirus mampu membasmi rootkit sejenis Conficker. Sehebat apapun sebuah antivirus di dunia ini, selama Conficker mampu aktif dan bersembunyi di ring0, segala daya dan usaha antivirus tersebut untuk mendeteksi maupun membersihkannya dari kebanyakan konfigurasi system akan sia-sia belaka. Dan sepengetahuan kami, baru PCMAV Express inilah satu-satunya antivirus khusus Conficker di dunia yang menggunakan teknik canggih nan-unik semacam ini untuk menghalau virus tersebut dari memory dengan aman.

Selain itu, PCMAV Express ini pun dapat menuntaskan Conficker dan membersihkan settingan system yang telah terinfeksi dan mampu memulihkannya ke keadaan semula, termasuk mengaktifkan kembali services yang ia matikan. Sulit menemukan antivirus Conficker lain di dunia yang memiliki kemampuan seperti ini: bersih dan tuntas!

Sebagai tambahan, analisa lengkap virus Conficker ini, yang masih menjadi topik perbincangan hangat para peneliti antivirus di seluruh dunia, akan dimuat di majalah PC Media 05/2009 beserta rilis PCMAV terbaru yang mampu mengatasinya.

Aturan Penggunaan:

  1. Pastikan user Anda memiliki hak setara Administrator.
  2. Non-aktifkan antivirus yang terinstall agar tidak mengganggu PCMAV Express.
  3. Pastikan sebelumnya bahwa komputer Anda *tidak* terkoneksi ke jaringan atau internet selama proses scan.
  4. Setelah selesai, sangat disarankan untuk melakukan restart dan scan ulang (jika perlu).
  5. Setelah virus berhasil dituntaskan, segera update/patch Windows Anda. PCMAV Express ini pun dapat mendeteksi apabila komputer Anda belum di patch.
  6. Pastikan seluruh PC yang telah terhubung di dalam jaringan juga telah bebas Conficker, sebelum PC Anda kembali terkoneksi ke jaringan.
  7. Pastikan password hak Administrator di PC Anda tidak mudah ditebak, karena Conficker memiliki kemampuan menyusup dengan melakukan “tebakan” terhadap password Administrator dengan kosakata umum yang ada dalam kamusnya. Gantilah password Anda dengan gabungan alphabet dan numerik agar tidak mudah ditebak.
  8. Jika langkah 3-7 di atas tidak Anda ikuti dengan baik, maka besar kemungkinan Conficker dapat menyerang kembali, sebagus apapun antivirus yang Anda gunakan.

Download Antivirusnya disini

Sumber: http://virusindonesia.com/

2 Responses to “Antivirus Conficker (Kido/Downup)”


  1. 1 Anddryan June 30, 2010 at 8:41 am

    thank you boz, mantap sekali…

  2. 2 de2x July 4, 2010 at 12:51 am

    sama-sama..


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s





%d bloggers like this: